Penanganan Lowongan Kerja

lokerDalam rangka meningkatkan kinerja  Bursa Kerja khususnya dalam hal penanganan informasi lowongan pekerjaan , maka dibuatlah suatu mekanisme yang diharapkan dapat  mempertegas  aturan main dari penanganan pekerjaan di Wearnes education center baik via surat , via telpon maupun informasi langsung dari  mitra kerja yang datang langsung ke wearnes education center .Dalam mekanisme ini akan dijelaskan  secara rinci sumber –sumber  informasi lowongan pekerjaan dan bagaimana alur penanganan dari informasi tersebut hingga menyentuh kebutuhan mitra kerja dan alumni.

Sumber   -sumber  informasi lowongan pekerjaan WEC :

  1.  Telpon , dalam hal ini  mitra  menelfon langsung  ke WEC Pusat maupun cabang dan menyatakan keinginannya mendapatkan karyawan dari alumni WEC atau mahasiswa   yang bersedia bekerja secara freelance maupun karyawan tetap , kemudian lowongan dicatat  di buku monitoring lowongan .

Penanganan :

Penerima telfon dalam hal ini sekretariat akan menghubungkan  telfon kepada petugas Bursa Kerja (bu Mercy / FO/ pak Ardi (sbg IT)), apabila tidak ada maka sekretariat akan mencatat pesan dari penelfon untuk kemudian disampaikan kepada  salah satu dari petugas .

Apabila pesan yang disampaikan sudah cukup jelas maka petugas akan langsung menindak lanjuti  informasi tersebut dengan mencarikan nama-nama  alumni yang direferensi sesuai dengan kualifikasi  yang diminta . informasi akan disampaikan melalui SMS GATEWAY  jika masa lowongan <= 3 hari , jika lebih  maka via email atau Infor di Mading dan Online.

Satu minggu setelah ditelpon peminta , petugas  menelfon kembali perusahaan  untuk memastikan apakah sudah ada pelamar  dari anggota bursa kerja Wearnes , apabila sudah ada dan dinyatakan diterima , petugas akan mengucapkan terimakasih sudah mempercayakan posisi tersebut untuk alumni wearnes dan mohon  jika membutuhkan  tenaga kerja harap menghubungi petugas Bursa Kerja .

Namun apabila  tidak ada yang melamar , atau ada yang melamar tapi tapi kurang memenuhi syarat , maka petugas akan melobi ulang pemilik perusahaan untuk memperpanjang  masa lowongan guna diinformasikan ke  anggota lainnya .

Catatan : informasi lowongan pekerjaan juga ditempel di mading kampus pusat   , kemudian di fax ke cabang.

2. Faximile ,  mitra  kerja  mengirim  faximile ke  WEC berisi informasi lowongan pekerjaanWakil perusahaan  datang langsung ke WEC, menyampaikan   keinginan untuk menjalin  kerjasama dengan cara  ingin mendapatkan  karyawan alumni wearnes , kemudian lowongan dicatat ke buku monitoring lowongan .

Penanganan :

Fax yang diterima ditindak lanjuti dengan cara , menelfon perusahaan yang mengirim fax dan mengkonfirmasi ulang faximale yang dikirimkan terutama soal batas waktunya . Apabila  batas waktu yang diberikan minimal 2 minggu  maka petugas akan mengirimkan surat kepada alumni yang  memenuhi kualifikasi yang dimaksud , apabila  batas waktu yang diberikan  kurang dari 7  hari maka petugas akan memberitahu melalui SMS GATEWAY KE alumni  , dan satu minggu setelah fax datang  petugas akan menelfon perusahaan untuk mengecek alumni apakah  sudah ada yang melamar / diterima  sambil mengucapkan terimakasih .

Catatan : informasi lowongan pekerjaan juga ditempel di mading kampus pusat  dan kampus 2 , selain itu juga di fax ke cabang.

 3. Via Alumni yang sudah bekerja , alumni telpon  atau datang langsung  dan menyatakan di perusahaannya ada posisi   kosong dan  menginformasikan posisi  kosong tersebut   ke Bursa Kerja , kemudian lowongan dicatat dalam buku monitoring lowongan .

Penanganan :

Untuk penanganan informasi  dari alumni sama dengan  penanganan  2 point di atas , kalau batas lowongan lebih dari 10  hari  maka alumni dikirimi email  sedangkan kalau kurang  melalui SMS GATEWAY.

Catatan : informasi lowongan pekerjaan juga ditempel di mading kampus WEARNES EDUCATION CENTER MADIUN

September 2018
M T W T F S S
« Jul    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930